Jurus Pemungkas Agar Anak Mau Makan Sayur

Written by Wdiy on February 8, 2021 in Tips agar anak mau makan with no comments.

Ketika sudah dilibatkan dalam proses memasak, anak pun akan merasa tak sabara untuk memakannya sendiri. Bisa dimulai dengan cara sederhana, seperti memotong sayuran untuk dimasak atau sekadar menambahkan saus ke sayuran yang baru selesai direbus atau dimasak. Kalau si Kecil melihat orang dewasa menikmati sayur, ia akan ikut memiliki ketertarikan untuk melakukan hal serupa. Ambil sayur, lalu makanlah dengan lahap di depan anak hingga anak percaya kalau ia akan bisa menikmati sayur seperti ibunya. Cara lain yang bisa Anda lakukan agar anak mau mengonsumsi sayur yaitu meracik sayur dengan makanan favoritnya. Jika sayuran berada dalam jangkauan, anak Anda akan cenderung memakannya saat dia lapar.

Cara agar anak mau makan sayur

Oleh sebab itu, banyak orangtua dipusingkan dengan tingkah laku buah hatinya yang ogah untuk mengonsumsi sayur. Mulai dari cara halus, hingga terkadang dibumbui rasa emosi agar sang buah hati berkenan untuk menyantap sayur. Bestmom.id, Tangerang – Bagi anak-anak, sayur merupakan makanan yang tak sedap untuk dimakan. Padahal, makanan satu ini mengandung vitamin dan gizi yang baik untuk pertumbuhannya. Cara kreatif bisa menambah kegemaran anak dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan denga membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya.

Tak jarang sang Ibu sampai merasa stres dan akhirnya mengalah, anaknya hanya mau makan dengan makanan kesukaannya saja, misalkan ayam goreng. Kedua, Inge menyarakan para ibu untuk mengajak si kecil turut terlibat di dapur. Cara ini dipercaya mampu membangkitkan rasa penasaran pada anak terhadap sayuran sehingga anak akan suka mengonsumsi sayuran. “Bangkitin emosi anak itu jangan cuma diajak tapi dilibatin,” sarannya. Penulis buku Eating Clean, Inge Tumiwa Bachrens mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan para ibu agar anak mau mengonsumsi sayuran. Pertama, berikan sayur dengan rasa dan bentuk yang bisa diterima si kecil.

Mereka akan melihat agenda memakan sayur sebagai hukuman dan aktivitas yang tidak menyenangkan. Banyak hal yang keluar dari mulut kita, entah itu menakuti mereka dengan uang jajan, dilaporkan pada Pak Polisi, sampai makan sayur. Terkadang anak-anak tidak menyukai sayuran karena terlalu lembek atau rasanya terlalu kuat. Cobalah memanggangnya untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang disukai anak-anak. Mereka akan lunak di dalam dan renyah di luar – seperti kentang goreng.

makan sayur, Anda bisa mencobanya di lain hari dengan varian masakan yang berbeda. Beberapa anak tidak suka mencampur makanan tetapi beberapa akan bersedia untuk bereksperimen. Siapkan mangkuk sayuran dan biarkan mereka mencampurnya dengan makanan kesukaan mereka. Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat atau kurang menarik pada anak. Pastikan untuk mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, pisang, atau pepaya.

Comments are closed.