Masakan Harian Agar Anak Mau Makan Sayur

Written by Wdiy on February 7, 2021 in Tips agar anak mau makan with no comments.

Saat anak sulit makan sayur, ibu harus bisa mencari cara yang asyik untuk perlahan mengenalkan dan membuatnya suka sayur. Jika anak Anda adalah tipe yang imajinatif, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut dengan mengajaknya berandai-andai. Misalnya saja ceritakan tentang dinosaurus kesukaan mereka yang suka makan daun-daunan. Setelah itu, ajak mereka berimajinasi seperti dinosaurus yang sedang memakan tanaman agar sayur yang ada bisa dikonsumsi dengan senang. Anak sangat mudah mencontoh apa saja yang dia lihat di lingkungan sekitar.

Terlebih, jika anak sudah bertemu dengan makanan lezat, maka kemungkinan besar anak akan semakin tidak mau mengonsumsi sayuran. Jika anak melihat orangtuanya begitu menikmati sayuran, tentu dia akan tertarik untuk mencoba. Cara ini cukup mudah untuk dilakukannya, apabila anak menyukai masakan telur, Mama bisa menaruh sayur seperti daun bawang atau wortel ke dalam telur tersebut. Mama bisa menceritakan tentang pahlawan-pahlawan sehat yang salah satunya wortel. Wortel merupakan pahlawan yang membawa vitamin A untuk membuat mata menjadi sehat dan terhindar dari pemakaian kaca mata.

Memaksa anak makan sayur justru membuat anak semakin malas dan menolak makan sayur. (multiplemaymamma.com)Jika dengan cara tersebut anak masih ogah makan sayur, Bunda bisa mengakalinya dengan trik di bawah ini, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com. Saat memberikan MPASi di usia enam bulan, orang tua bisa menyelipkan sayuran di makanan tersebut biar saat tumbuh dewasa, mereka mau makan sayur.

Cara agar anak mau makan sayur

Tidak hanya itu, ada beberapa akibat lainnya jika anak tidak suka sayur seperti berikut ini. Menurut Anna, justru cara moderat dan hangat yang diterapkan secara konsisten dapat lebih efektif untuk membuat anak doyan makan sayur. Jika anak betul–betul tidak mau makan sayur, lebih baik Anda mengenalkannya secara bertahap. “Jadi jangan memberinya satu porsi sayur saja, agar anak tidak kaget,” jelas Anna.

Misal, tambahkan parutan keju di atas sajian sayur-sayuran yang dihidangkan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa memaksakan anak untuk makan sayur malah akan berdampak pada trauma yang menyebabkan anak tidak mau makan sayur selanjutnya. Misalnya, Anda bisa jelaskan kalau makan sayur bisa mencegah ia dari sembelit dan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuhnya. Jelaskan juga makan sayur bisa membuat badannya lebih kuat serta makin pintar saat bermain dan belajar. Selanjutnya, sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan mikronutrien yang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dengan mengenalkan sayuran sejak dini, kita bisa menghindari situasi di mana mereka tidak ingin makan dengan sehat dan membantu mereka mempertahankan makanan sehat sampai dewasa. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, anak usia 3-5 tahun akan lebih banyak makan sayur jika diolah dalam bentuk puree. Untuk mencobanya, Anda hanya perlu resep yang tepat sesuai kebutuhan gizi Anda.

Kalau hal ini terjadi, coba tujuh cara menyiasati agar anak suka makan sayur ini. Kuncinya adalah ketekunan kamu dalam membiarkan anak mencoba, dan memberikan variasi. Biasanya, anak yang tidak menyukai sayur, lebih gemar memakan pasta seperti spaghetti, mi, makaroni, dan lainnya.

Lakukan terus secara perlahan dan bertahap untuk membiasakan lidahnya dengan rasa sayuran. Setiap anak ternyata memiliki tingkat sensitivitas indera perasa yang berbeda, sehingga yang pahit menurut Si Kecil belum tentu pahit menurut balita lain. Jagung memiliki rasa manis yang membuat ia banyak digemari anak-anak.

Comments are closed.