“mommyclopedia” Suguhkan Resep Mpasi Untuk Penuhi Nutrisi Buah Hati

Written by Wdiy on February 11, 2021 in Tips agar anak mau makan with no comments.

Fakta unik ditemukan dalam penelitian di tahun 1985, bahwa terdapat kandungan yang sama di dalam ASI dan telur. Dari fakta tersebut, bisa dikatakan bahwa telur cocok untuk resep makanan bayi 6 bulan penunjang kecerdasan otak anak. Telur mengandung vitamin B12, choline, dan selenium yang melimpah. Bubur buah labu bisa diberikan setelah si buah hati terbiasa dengan makanan sereal. Pada bulan-bulan awal kehidupannya, hanya ASI yang menjadi penyuplai nutrisi untuk tubuh bayi.

Makanan utama bisa terdiri dari asupan karbohidrat untuk bayi, protein untuk bayi, lemak untuk bayi, asupan serat, hingga mineral dan vitamin untuk bayi. Pada dasarnya memberikan camilan untuk bayi tentu tidak masalah asalkan sesuai dengan jadwal makan MPASI di usia 6 bulan ini. Jadi, bayi tidak akan kaget saat baru mulai belajar makan sehingga tidak mengganggu sistem pencernaannya. Di sisi lain, menjalani jadwal makan bayi 6 bulan secara teratur juga akan memudahkan bayi untuk mengerti tanda lapar dan kenyang. Supaya teksturnya lebih empuk dan nasi matang sempurna, kukus campuran bahan tersebut selama 30 menit, lalu tambahkan garam secukupnya.

Menu MPASI bagi buah hati

Proses yang sama ini dapat diterapkan pada oat yang dipotong kasar. Untuk bahan makanan dari jenis buah-buahan, Moms perlu memastikan bahwa buah yang dipilih tidak menimbulkan fuel dan tidak tinggi serat. Perhatikan pula rasanya, pastikan tidak kesat, tidak pedas atau tidak terlalu matang. Rekomendasi buah yang dinilai baik sebagai MPASI di antaranya jeruk, pepaya, dan pisang. Campurkan ayam cincang dengan wortel dan buncis yang sudah diparut.

Wortel dan kentang dipilih karena memiliki kandungan vitamin yang baik untuk bayi. Buah dengan rasa dan tekstur beragam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu MPASI pertama si Kecil. Mengenalkan berbagai tekstur dan rasa buah dapat membantu si Kecil terbiasa dengan makanan baru.

Nah, nutrisi tambahan ini bisa didapatkan dari makanan pendamping ASI yang juga akan melatih kemampuan otot oromotor (otot-otot di mulut) dan kemampuan motorik bayi. Perlu diingat juga, dengan mengikuti aturan pemberian MPASI yang tepat, kelak si buah hati bisa memiliki pola makan yang baik dan teratur. Selain itu, dalam aturan pemberian MPASI juga mampu membuat bayi mengenali rasa lapar dan kenyang. Rasa yang selama usia 0 hingga 6 bulan belum pernah didapatkannya.

Itulah sebabnya pemberian MPASI harus dilakukan dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk mengetes reaksi alergi pada anak. Misalnya, si Kecil bisa menyusu sebanyak 6 hingga 7 kali dalam sehari padahal biasanya menyusu hanya 5 kali atau terbangun lebih sering untuk menyusu. Padahal, bayi berusia 6 bulan memiliki waktu tidur lebih lama daripada bayi baru lahir yang bangun 2-3 jam sekali untuk menyusu.

Akan tetapi, pemberian ASI di jam 24.00 dan 03.00 boleh diberikan boleh juga tidak. Jika bayi sedang tertidur lelap, pemberian ASI pada malam dan dini hari bisa tidak dilakukan. Angkat dan sajikan di dalam mangkuk, lalu tambahkan telur rebus dan irisan tomat. Tambahkan lebih banyak susu jika perlu, untuk mencapai tekstur yang diinginkan dan sajikan saat kondisinya hangat. Angkat dari kompor, biarkan dingin, lalu haluskan dengan garpu atau food processor sebelum disajikan untuk bayi.

Comments are closed.