Suggestions Supaya Anak Mau Makan Sayur

Written by Wdiy on February 8, 2021 in Tips agar anak mau makan with no comments.

Ketika menginjak usia setahun, si Kecil biasanya ingin lebih mandiri dan didengar ‘suaranya’ oleh orang lain. Hal tersebut dilakukan guna menunjukkan kalau ia sudah besar. Nah, Mums bisa memanfaatkannya untuk mengajak si Kecil menentukan makanan yang akan ia konsumsi.

Sebagai percobaan, Anda dapat menampurkan setengah porsi alpukat, setengah cangkir bayam, setengah buah pisang, 1/4 labu tumbuk dan susu almon atau air. Rasa susu akan meredam rasa sengir dari sayuran dan anak-anak akan menyukainya. Untuk ada yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan cemilan anak, smoothies bisa jadi solusinya. Karena cara membuatnya hanya dengan mencampurkan semua bahan ke dalam blender. Anda bisa mencampurkannya dengan kombinasi 2-4 bahan lainnya dari buah maupun sayuran.

Serat merupakan kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh, di usus ia dapat mengikat air dan melancarkan pencernaan. Tak hanya itu, sayuran atau pun buah seperti wortel dan pisang bisa dibuat cake. Carrot cake, pumpkin muffin hingga zucchini bread dapat Anda buat. Anda dapat mencampurkan aneka sayuran enak ke dalam sajian cake yang manis dan bertekstur empuk.

Cara agar anak mau makan sayur

Program Nutriclub dibuat untuk mendampingi dan membantu para ibu memberikan yang terbaik di masa kehamilan dan masa pertumbuhan emas balitanya. Kegiatan memasak bisa jadi aktivitas menyenangkan bersama si kecil. Selain mendapat pengetahuan soal sayur dan buah, mengolah sendiri buah dan sayur juga bisa membuat si kecil lebih antusias mengonsumsi buah dan sayur. Hasilnya, anak-anak mencontoh ibunya untuk makan sayuran, baik mentah maupun yang dimasak, serta buah-buahan dan beri. Sedangkan anak mencontoh ayah untuk makan sayur yang dimasak. Selain mengenalkan anak dengan manfaat dan cita rasa sayuran, memasak bersama juga akan mempererat ikatan batin Anda dengan sang buah hati.

Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan dengan membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya. Anak mungkin tidak dapat menjelaskannya alasan mengapa tidak menyukai buah dan sayur. Namun, tak jarang anak tidak mau makan buah dan sayur karena memiliki pengalaman buruk saat pertama kali memakannya. Misalnya, anak memiliki persepsi tentang rasa asam saat memakan buah jeruk untuk pertama kalinya. Jika saat ini Si Kecil tidak mau makan sayur tertentu, belum tentu ia akan seterusnya tidak menyukai sayur tersebut,lho, Moms. Anak-anak mungkin perlu beberapa kali mencoba suatu jenis makanan yang baru, sebelum mereka mulai menyukainya.

Di sana, anak biasanya akan bertanya terkait sayur maupun buah-buahan yang dijumpainya. Dengan begitu, pengetahuan anak akan sayur dan buah pun bertambah. Sebagian besar orang, termasuk anak-anak mungkin akan tertarik untuk mencoba sesuatu hal, apabila hal tersebut terlihat menyenangkan.

Sesuatu yang salah kaprah yang dilakukan orang tua dengan memaksa si Kecil konsumsi makanan yang ia tidak suka menjadi suka. Paksaan tersebut akan menimbulkan pengalaman adverse bagi si kecil. Ia akan mengaitkan sayuran dan buah-buahan tersebut dengan perasaan negatif dan melekat hingga di kemudian hari. Sedangkan anak usia 3-4 tahun mungkin harus mencoba sampai 15 kali sampai mau mengonsumsinya. Artinya, atasi masalah sulit makan sayur itu sejak awal sebelum keburu jadi masalah hingga dewasa. Tips terakhir ini bisa ENDEUSiast terapkan bila ingin mencoba makan sayur mentah.

ajikan buah dan sayur ke dalam bentuk yang lain, agar anak tidak bosan. Ini bukan hanya tentang apa yang disajikan di atas piring, tetapi juga pemahaman anak tentang makanan tersebut. Jadi jika anak sudah cukup besar, biarkan mereka membantu di dapur. Yang mereka lakukan mungkin membuat dapur berantakan dan memakan waktu, tapi itu adalah cara terbaik untuk menciptakan suasana yang positif. Anak-anak seringkali tertarik dengan tampilan makanan yang lucu dan menggemaskan.

Comments are closed.